7 comments on “Sejarah Cirebon

  1. Letak Telaga MAHA~ARENA (Maharena) masih menjadi sebuah misteri.
    Kalau kita lihat arti kata MAHARENA yaitu Maha Arena atau Maha Areal atau Maha Luas.
    Telaga MAHARENA artinya yaitu TELAGA YANG MAHA LUAS.
    Berarti tidak ada telaga atau danau di Jawa Barat yang luasnya melebihi danau MAHA~ARENA.
    Mungkinkah yang dimaksud adalah DANAU BANDUNG YANG MAHA LUAS?
    Mungkinkah yang dimaksud LAWANG SAKETENG (Lorong Sempit) adalah SANGHYANG TIKORO?

    Aku tidak tahu & takut nyanyahoanan.
    COBA SAJA TANYAKAN KE DR BRAHMANTYO (ITB) PENELITI DANAU BANDUNG.

  2. Saya seorang guru dari Malaysia. Saya amat tertarik dengan hasil kajian tuan. Sangat baik sekali. Saya berminat untuk mengetahui Sejarah Keraton Ceribon apabila mendengar cerita allahyarham datuk saya yang asalnya dari Ceribon. Menurut ceritanya yang disampaikan kepada ayah saya, allahyarham mengingati sewaktu kecilnya hidupnya amat tidak bebas dan senantiasa dikelilingi oleh pengawal. Allahyarham sering dibawa melawat ke kilang gula oleh ayahnya…dengan menaiki kereta kuda.. saya sendiripun pada asalnya tidak percaya ceritanya. Menyebabkan saya melayari blog tuan untuk mencari kisah Ceribon. Harap tuan dapat memberi sedikit maklumat tentang silsilah keluarga Radja Atmadja 1890-1899. Terima kasih ya.

    • Masalah silsilah keluarga keraton yang ada di Cirebon sebagian boleh diketahui umum, sebagian lagi hal-hal yang menyangkut dalem caruban memang tertutup untuk umum karena jangankan untuk membacanya, untuk melihatnya saja diperlukan ritual-ritual tertentu. Mohon maaf, Saya sendiri kurang paham tentang hal tersebut. Kerajaan Cirebon memang terdapat banyak versi, tentunya tergantung masing-masing.

    • Anda tidak salah, tetapi tidak sepenuhnya benar. Dalam bahasa Indonesia, keraton disebut Istana, tetapi Istana bukanlah Keraton, karena istana hanya menunjukkan arti tempat tinggal raja sedangkan kraton memiliki arti yang lebih luas daripada istana. Keraton memiliki arti sebuah istana yang mengandung arti poemerintahan, keagamaan, filsafat, dan kebudayaa. Dalam kalimat lain Kraton dapat diartikan lingkungan seluruh struktur dan bangunan wilayah kraton yang mengandung arti tertentu yang berkaitan dengan salah satu pandangan hidup yang sangat esensial.
      Saya rasa anda lebih memahami, Secara etimologis, keraton, berasal dari kata ratu yang diberi imbuhan ke-an yang bermakna tempat tinggal ratu. Begitu pula kata kerajaan yang bermakna tempat tinggal raja. Ratu bukanlah raja karena semestinya berjenis kelamin wanita, raja juga bukan ratu karena berjenis kelamin pria. Kendatipun demikian, Kerajaan Kalingga dipimpin oleh Ratu Shima bukan Raja Shima. Akan halnya Keraton Kanoman dan Keraton Kasepuhan yang dipimpim Sultan. Mengapa namanya bukan kasultanan. Senajan mekaten, nyuwun agunging pangaksami, amit kula sanes lancang, Ca.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s